Sabtu, 26 Januari 2013

Belajar Diagnosa dari Imam Ahmad, Klinik Bekam Jakarta Pusat


Imam Ahmad selain dikenal sebagai salah satu dari imam 4 mahdzab, sebagaimana Imam Syafi’i, beliau juga pandai dalam ilmu pengobatan. Berikut ini beberapa kisah yang terdokumentasi sehingga dapat menunjukkan beliau rahimahullah pandai dalam mendiagnosa penyakit, mengerti tentang jenis-jenis obat dan penerapan gaya hidup.
Ibnu Muflih Al Maqdisi mengatakan dalam kitabnya, Khamsuna Fashlan Fith Thibbin Nabawi, Al-Mawardzi mengatakan, “Aku pernah mendengar seseorang mengadu kepada Abu Abdillah (Ahmad bin Hambal). ‘Aku merasakan nyeri yang berdenyut-denyut di ibu jariku?’ katanya. Lalu ia (Abu Abdillah) berkata: ‘Ini adalah kelebihan air. Menurutku, kamu harus mengurangi minum air di malam hari’.”
Al-Mawardzi rahimahullah juga menyatakan: “Aku pernah bertanya kepada Abu Abdillah rahimahullah: ‘Anda pernah mengalami pegal-pegal pada lutut di Mekkah hingga tidak mampu berjalan?’ Lalu ia menjawab: ‘Mereka mengatakan: ‘Kalau mereka keasyikan minum air, mereka akan mengalami hal itu’.”

Sementara dalam Kitab Thibbun Nabawi juga disebutkan, Al-Marwazi berkata, aku berkata kepada Abu Abdillah (Ahmad bin Hambal) aku merasa sakit kepala, ia berkata, “lunakanlah tabiatmu,” ia menyebutkan bahwa itu karena keringnya tabiat, kemudian ia berkata,  aku akan berikan padamu biji (pil) yang aku buat lalu ia mengeluarkan biji kepadaku, ia berkata, “minumlah di waktu malam. JR/TB 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar