Senin, 16 September 2013

Vertigo dan Pengobatannya dengan Pengobatan Bekam

Vertigo dan Pengobatannya dengan Pengobatan Bekam

Vertigo adalah kondisi dimana terjadi rasa pusing seperti berputar yang amat sangat mengganggu. Penderitanya bahkan bisa mual-mual dan muntah dan juga bisa terjatuh ketika serangan vertigo ini terjadi. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang vertigo dan pengobatannya serta berbagai hal penting menyangkut vertigo dan pengobatannya.
Gejala vertigo
1. Pusing seperti berputar
2. Kepala terasa ringan
3. Rasa terapung, terayun
4. Mual-Muntah
5. Keluar Keringat dingin
6. Muka Pucat
7. Sempoyongan waktu berdiri atau berjalan


Jenis Vertigo : Vertigo dan pengobatannya
Vertigo Perifer
Vertigo perifer disebabkan oleh disfungsi struktur perifer hingga ke batang otak.

Vertigo Sentral
Vertigo sentral melibatkan proses penyakit yang mempengaruhi batang otak atau cerebellum.

1. Vertigo perifer beronset akut (waktunya singkat atau serangannya cepat terjadi), sedangkan vertigo sentral beronset kronis atau perlahan. Dengan kata lain, durasi gejala pada vertigo perifer terjadi dalam hitungan menit, harian, mingguan, namun berulang.

2. Penyebab umum vertigo perifer adalah infeksi, Ménière’s, neuronitis, iskemia, trauma, toksin. Penyebab umum vertigo sentral adalah vaskuler, demyelinating, neoplasma.

3. Intensitas vertigo perifer sedang hingga berat, sedangkan vertigo sentral ringan hingga sedang.

4. Mual dan muntah umumnya terjadi pada vertigo perifer dan jarang terjadi pada vertigo sentral.

5. Vertigo perifer umumnya berhubungan dengan posisi, sedangkan vertigo sentral jarang berhubungan dengan posisi.

6. Kehilangan pendengaran hingga ketulian umumnya terjadi pada vertigo perifer dan jarang terjadi pada vertigo sentral.

7. Telinga berdenging seringkali menyertai vertigo perifer. Pada vertigo sentral, biasanya tidak disertaictelinga berdenging.

Vertigo dan Pengobatannya secara Alami
Kayu manis
Menurut, Prof. Hembing, kayu manis berkhasiat untuk penyakit asam urat, tekanan darah tinggi, maag, tidak nafsu makan, sakit kepala (termasuk vertigo), masuk angin, diare, perut kembung, muntah-muntah, gernia, susah buang air besar, asma, sariawan, sakit kencing, dan lain-lain. Selain itu, kayu manis memang memiliki efek farmakologis yang dibutuhkan dalam obat-obatan. Kulit batang, daun, dan akarnya dapat dimanfaatkan sebagai obat antirematik, peluruh keringat, peluruh kentut, meningkatkan nafsu makan, dan menghilangkan sakit.

Vertigo dan Pengobatannya : Terapi Bekam
Terapi Bekam dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit Vertigo. Pengobatan ini berfungsi untuk memperbaiki organ dalam kepala terutama organ keseimbangan dan syaraf utama kepala. Pembekaman dilakukan seminggu sekali sampai kondisi membaik. Lama terapi bergantung pada keparahan penyakit. Untuk vertigo ringan cukup 2-3 kali terapi. Setelah membaik cukup dengan menjaga (maintenance) sebulan atau dua bulan sekali.


Tabloid Bekam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar